TURC Logo White Transparent
Svg Vector Icons : http://www.onlinewebfonts.com/icon
Search
Search
Close this search box.

Makin Terang: Memperbaiki Kondisi Kerja dan Keterwakilan Pekerja di Indonesia

Tujuan dari program ini adalah mendorong transparansi perbaikan kondisi kerja melalui sosial dialog dengan advokasi berbasis data (data-driven advocacy) di perusahaan Garmen, Tekstil, dan Alas Sepatu di negara Indonesia.

Periode Program

2023 - 2025

Sekilas Tentang Program

Program Makin Terang dirancang untuk tiga tahun, dari 2023 Р2025. Tujuan dari program ini adalah mendorong transparansi perbaikan kondisi kerja melalui sosial dialog dengan advokasi berbasis data (data-driven advocacy) di perusahaan Garmen, Tekstil, dan Alas Sepatu di negara Indonesia. Melalui advokasi berbasis bukti, program ini hendak memberikan penguatan terhadap posisi tawar serikat pekerja/buruh  di tingkat pabrik. Dengan meningkatkan posisi tawar SP/SB di tingkat pabrik, maka memungkinkan proses perundingan kolektif mampu dimenangkan. Dengan begitu, perbaikan kondisi kerja dapat dirasakan oleh semua pekerja.

Tujuan Program

Intervensi proyek ini berkontribusi terhadap peningkatan tranparansi kondisi kerja dan perundingan kolektif di pabrik-pabrik garmen di Indonesia, yang mana secara menyeluruh juga berkontribusi terhadap pertumbuhan kepadatan serikat buruh dan mengurangi ketimpangan. Pada jangka panjang, buruh dan serikat buruh mampu bernegosiasi dengan menggunakan database yang mencerminkan kondisi objektif pabrik-pabrik mereka, hal itu merupakan dasar bangunan agurmentasi yang kuat dan meningkatkan posisi tawar di dalam perundingan kolektif untuk memperoleh kondisi kerja yang lebih baik di tempat kerja.

Kegiatan Utama Program

  • Survei kelayakan kerja (Decent work check) yang dilakukan oleh Gajimu.com bersama interviewer dari masing-masing tiga federasi serikat mitra (SPN, TSK-SPSI, dan Garteks)
  • Workshop Advokasi Berbasis Data
  • Workshop perundingan kolektif responsif gender
  • Akademi Pekerja Perempuan
  • Training of trainer yang bertujuan mencetak tenaga fasilitator di setiap serikat mitra utama

Wilayah Program

Penerima Manfaat

  • Federasi Serikat Pekerja Nasional (SPN)
  • Federasi Serikat Pekerja Tekstil, Sandang Dan Kulit - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F-TSK SPSI)
  • Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Serikat Buruh Seluruh Indonesia (F-Garteks)

Artikel Terbaru